Press "Enter" to skip to content

Langkah Pendaki Mencari Jati Diri di Dempo (FOTO)

WANAWALA – Gunung Dempo terletak di Kota Pagar Alam, 296 kilometer dari ibu kota Sumatera Selatan, Palembang. Gunung yang menjadi destinasi utama pecinta alam pencari dataran tinggi di Tanah Sriwijaya. 

Gunung Dempo memang bukan gunung tertinggi di Indonesia, bahkan di Pulau Sumatera pun masih kalah tinggi oleh Kerinci di Jambi. Namun pesonanya membuat pendaki betah berdekatan dengannya. Intim dengan alam, mencari jati diri dengan menjadi kecil di antara alam yang melingkupi.

Di Pelatarannya, banyak terdapat tumbuh-tumbuhan Cantigi, yang biasanya disebut dengan Kayu Panjang Umur oleh warga sekitar. Untuk menuju ke Puncak Merapi memakan waktu 30 menit dari Puncak Dempo. Pemandangan dari Puncak Merapi bisa membayar kelelahan para pendaki. Lanskap kawah kaldera luas serta dapat berubah warna tergantung cuaca.

Konon ada empat warna yang ditampilkan; abu-abu, hijau tua, biru, dan toska. Puncak Merapi biasa dimanfaatkan pendaki untuk swafoto, mengabadikan momen di puncak tertinggi Sumatera Selatan tersebut. Pendaki dapat menikmati pemandangan yang indah dengan lanskap luas dan kokohnya dinding kawah Merapi.


Related