Press "Enter" to skip to content

[Salah] Gadis Ular Viral Menggemparkan Dunia

[Salah] Gadis Ular Viral Menggemparkan Dunia

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui informasi tersebut tidak benar. Hoaks mengenai gadis berbadan ular ini sempat beredar dengan narasi yang berbeda pada tahun 2020.

  • Narasi hoaks tersebut mengatakan gadis ular tersebut berusia 8 tahun yang bernama Mai Li Fay dan berasal dari Bangkok.

  • Artikel itu sudah ditelusuri faktanya oleh Bangkok Post dan Hoax Slayer (hoax-slayer.net) dan menemukan berbagai macam kejanggalan pada narasi.

Diambil dari turnbackhoax.id

 

WANAWALA – Periksa fakta ini merupakan hasil kerja Ari Dwi Prasetyo. Konten gadis ular merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Artikel ini pernah dibahas di Turnbackhoax.id pada tahun 2020 mengenai hoaks gadis ular yang menggemparkan Thailand.

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

Sumber: Facebook

https://archive.vn/nFKsL

Narasi:

“Video Viral. Ya Allah Gadis Ular Gemparkan Seluruh Dunia”

Penjelasan:

Akun Febi Fitriani di media sosial Facebook membagikan postikan di Grup Facebook BAIM PAULA FAMILY berikut tautannya dari AJI–BERITA.BLOGSPOT.COM mengenai video gadis ular yang gemparkan dunia. Dalam situs yang diunggah tersebut berisi narasi yang menginformasikan bahwa gadis tersebut merupakan binatang bernama Dabbah serta disebut sebagai salah satu sinyal dekatnya kiamat.

Namun berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Hoaks mengenai gadis ini sempat beredar dengan narasi yang berbeda pada tahun 2020.

Melansir Turnbackhoax.id, narasi hoaks tersebut mengatakan bahwa gadis tersebut berusia 8 tahun yang bernama Mai Li Fay dan berasal dari Bangkok. Selain itu, diketahui bahwa hoaks ini sudah pernah beredar pada tahun 2014. Adapun, melansir Turnbackhoax, artikel tersebut sudah ditelusuri faktanya oleh Bangkok Post dan Hoax Slayer (hoax-slayer.net) dan menemukan berbagai macam kejanggalan pada narasi tersebut.

Melansir Hoax Slayer, diketahui juga bahwa kabar gadis tersebut pertama kali dimunculkan oleh laman satir World News Daily Report. Dalam laman tersebut memang biasa menerbitkan berbagai macam berita satir sehingga klaim yang diterbitkan oleh laman tersebut diragukan kebenarannya.

Berdasarkan hal tersebut maka informasi yang beredar mengenai gadis bertubuh ular merupakan informasi yang salah. Atas dasar itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=========
Sumber: Turnbackhoax.id


Related