Press "Enter" to skip to content

[HOAX] Harimau Berkeliaran di Kebun Sawit Riau

[HOAX] Harimau Berkeliaran di Kebun Sawit Riau
Ilustrasi Harimau. (Sumber Foto:  Jose Almeida dari Pexels)

Foto yang diklaim harimau sumatera berkeliaran di perkebunan sawit di Kandis, Riau ini berasal dari halaman Facebook Terengganu Today. Harimau sebenarnya berkeliaran di salah satu negara bagian di Malaysia yaitu Dungun, Terengganu.

  • Kemunculan harimau tersebut sebenarnya terjadi di lokasi lain dan bukan di Provinsi Riau.

  • Ada beberapa postingan, dengan foto kemunculan harimau serupa, namun lokasinya berbeda.

WANAWALA — Diambil dari TurnBackHoax.id, hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo. Informasi harimau berkeliaran di kebun sawit Riau tersebut tidak benar. Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Andri Hansen Siregar menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Dia menyatakan bahwa kemunculan harimau tersebut sebenarnya terjadi di lokasi lain dan bukan di Provinsi Riau. Kemudian berdasarkan penelusuran, foto tersebut diambil dari halaman Facebook berbahasa Malaysia yakni akun Facebook Terengganu Today.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

—————-

KATEGORI: Konteks yang Salah

—————

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/Y4436
—————

NARASI:
” Harimau Sumatera banyak ditemukan oleh para warga di sekitar perkebunan kelapa sawit di kandis provinsi Riau….. Hati2 ho dek Viktor Samosir Siapudan”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook L Toruan mengunggah tiga gambar harimau yang sedang berkeliaran di area perkebunan sawit. Akun ini juga memberikan narasi bahwa gambar yang diunggah merupakan harimau sumatera yang banyak ditemukan warga di Kandis, Provinsi Riau.

Namun melansir oleh Merdeka.com, Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Andri Hansen Siregar menjelaskan pihaknya sudah mengonfirmasi terkait gambar tersebut tidak benar. Menurut pihaknya menemukan ada beberapa postingan, dengan foto kemunculan harimau serupa, namun lokasinya berbeda.

“Itu hoax. Sudah kami bahas di internal kami, ada beberapa informasi yang sama dengan lokasi yang berbeda. Yang sebenarnya terjadi di lokasi lain dan di luar Provinsi Riau,” kata Hansen.

Lalu foto yang diklaim berkeliaran di perkebunan sawit di Kandis, Riau ini diketahui berasal dari halaman Facebook Terengganu Today yang menginformasikan mengenai harimau yang berkeliaran di daerah salah satu negara bagian di Malaysia yaitu Dungun, Terengganu.

Dengan demikian informasi harimau yang sedang berkeliaran di area perkebunan sawit di Kandis, Riau merupakan informasi yang tidak benar dan masuk dalam kategori konteks yang salah.

Sumber: Merdeka.com, turnbackhoax.id

Sumber Foto:  Jose Almeida dari Pexels


Related